Pontianak ,info-kalbar.com

PONTIANAK — Forum Indonesia Menulis (FIM) angkat bicara perihal Seminar Nasional dan Launcing Akbar Buku Penulis Muda dan Guru Kalbar Pada Sabtu, 15 Februari 2020 yang telah menuai kritikan dari berbagai pihak. Senin (17/2).

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Untan tersebut semula akan menghadirkan Mendikbud, Nadiem Makarim. Namun pada hari pelaksanaan kegiatan beliau berhalangan hadir, meskipun sebelumnya dari pihak Kementrian sudah mengkonfirmasi akan hadir bersama 5 orang tim dari kementrian.

“Kami awalnya sudah mendapatkan konfirmasi kehadiran beliau. Namun H-4 melalui ajudannya, Mas Menteri berhalangan hadir. Kami terus mengawal hingga akhirnya Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) menginformasikan bahwa kegiatan ini akan diwakilkan oleh Direktur Dirjen GTK,”

” Dan H-2 kegiatan, kami mendapatkan informasi kembali melalui Dirjen GTK, bahwa ada kegiatan wajib yang harus dihadiri oleh seluruh pejabat Kementrian, sehingga tidak dapat mengutus perwakilan Kementrian untuk hadir dalam acara ini. Dan beliau juga menyampaikan permohonan maaf karena belum dapat terlibat dalam kegiatan Seminar Nasional dan Launching Akbar.” Kata Fakhrul Arrazi selaku Founder FIM.

Fakhrul juga sangat menyayangkan informasi beredar yang menurutnya tidak sesuai fakta, bahkan menurut dia justru terkesan ada pihak yang sengaja memanfaatkan situasi ini untuk membuat reputasi FIM rusak dimasyarakat.

” kami sangat menyayangkan informasi yang beredar, itu tidak benar dan ada kesan ditambah-tambah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan ada media online yang berani mempublis berita tersebut tanpa mengkonfirmasi ke panitia pelaksana,”

” Padahal kami sudah menyampaikan secara gamblang pada saat kegiatan, kenapa Mas Menteri berhalangan hadir? begitu pula Direktur Dirjen GTK Dikmen yang harusnya mewakili. Dan kami juga sudah pertegas jika ingin melihat bukti administrasi dan jejak digital komunikasi langsung dengan pihak Kementerian kami persilahkan datang menghadap,” Terangnya.

Di jelaskan Fahkrul, Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar prestasi Guru-guru dan juga anak muda Kalimantan Barat, yang telah meriliskan sebuah karya berupa buku yang di bimbing langsung oleh Tim Forum Indonesia Menulis (FIM).

” Buku-buku tersebut akan kita launcingkan pada kegiatan ini dan kita kemas juga dalam bentuk Seminar Nasional Amazing Teacher & Nadiem Menjawab.
Dengan harapan dapat di ikuti oleh lebih banyak guru dalam mengembangkan kompetensinya,” Lanjut Penulis Muda ini.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh beberapa Tokoh dan tamu undangan. Seperti Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kepala BPSDM, Alfian Salam. Gubernur berhalangan untuk hadir dikarenakan harus mendampingi tamu dari pusat Kepala BKKBN. Dan dihadiri pula oleh Walikota Pontianak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar dan Kota Pontianak, Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kalbar dan Kota Pontianak, Rektor se-Kota Pontianak, Peserta Launching dan Peserta Seminar Amazing Teacher.

“Yang jelas kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak termakan issu yang tidak benar dan tidak bisa dipertanggung jawabkan. Dan apabila ada yang menyebarkan informasi yang tidak benar tersebut, kami yakin oknun itu tidak mengikuti kegiatan sampai selesai.” tutur Fahrul.

Pihak FIM membuka diri apabila ada pihak yang perlu penjelasan untuk menghubungi kontak penyelenggara 0896-3439-4657 atas nama Ari. (Azmi / Wans )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here