Sanggau ,info-kalbar.com

Anggota Komisi IV DPR-RI, Krisantus Kurniawan,S.IP.,M.Si.,turun langsung ke Kecamatan Noyan, Kabupaten Sanggau,Kalimantan Barat. Hal tersebut atas kisruh yang di hadapi oleh Masyarakat di Noyan akibat konflik agraria antara Masyarakat/Petani Noyan Vs PT.Mitra Karya Sentosa Sanggau (MKSS) Kabupaten Sanggau.

“Masalah ini samapi terdengar ke telinga saya di Jakarta, sedih saya mendenganya. Karena permasalahan ini yang mendorong saya untuk turun langsung, mendengar langsung serta bisa menyelesaikan secara langsung persoalan Petani dengan perusahaan.

Jadi sekarang penyelesaian permasalahan antara pihak Petani dan Perusahaan sudah kita kesepakti dengan di tanda tangani berita acara.

Menurut Krisantus, selaku anggota Komisi IV DPR RI, ini sudah jelas langkahnya, jadi apa yang sudah disepakati tidak boleh WAN prestasi seperti hari ini. Hal ini harus selesai sesuai dengan kesepakatan, karena hal tersebut sudah ingkrah dan harus dilaksanakan.

kami DPR RI dari Komisi IV sudah bentuk Panja Kelapa Sawit, tujuan Panja itu adalah menyelesaikan persoalan – persoalan sosial yang berkaitan dengan konflik agraria di seluruh wilayah Republik Indonesia, selain dari pada itu kita juga mengacu pada revisi Undang – Undang nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan disebutkan bahwa Perkebunan pengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, sarana produksi, alat dan mesin, budi daya , panen, pengelolaan,dan pemasaran terkait perkebunan. Tujuan penyelenggaraan tentang Perkebunan dimaksud kan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta sumber devisa Negara, menyediakan lapangan kerja dan kesempatan usaha.

Oleh sebab itu, yang menjadi prioritas agar tidak terjadi lagi persoalan – persoalan konflik Agraria, seperti persoalan petani dengan perusahaan yang terjadi di kecamatan Noyan. Krisantus juga mengatakan, bilamana hal serupa terjadi di tempat lain, ia juga siap untuk membela Masyarakat, karena Tupoksi Komisi IV DPR RI adalah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan UU, salah satunya bidang perkebunan seluruh Indonesia.

( Libertus /Wans info )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here