Sintang ,infokalbar.com

Anggota Bhayangkari Ranting Polsek Sepauk dan Polsek Sepauk melakukan Sosialisasi Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19 (Corona) di Posyandu Bogenvil Desa Kenyauk Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang., Sabtu (21/03/2020).

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Kanit.Intelkam Polsek Sepauk Bripka Nurhidayat, Anggota Bhayangkari Ranting Polsek Sepauk Ny. Rai Pratiwi Laperisa Nurhidayat, Para Kader Posyandu Bogenvil Desa Kenyauk Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang.

Sambutan Kapolsek Sepauk Iptu Suwaris pada acara tersebut disampaikan oleh Kanit.Intelkam Polsek Sepauk Bripka Nurhidayat, menyebutkan sambutan, “Bahwa pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan himbauan kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran virus corona (COVID19), Mari kita menjaga kebersihan diri dan lingkungan kita, Hindari kontak fisik atau bersinggungan langsung dengan orang yang terinfiksi virus Corona, Hindari perkumpulan/tempat berkumpulan orang banyak, Jangan panik menghadapi situasi sekarang ini dan jangan mudah percaya dengan isu-isu yang beredar dari orang yang tidak bertanggungjawab, Memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan hadirnya POLRI bersama Bhayangkari di tengah-tengah masyarakat terkait Virus Covid19.”

Anggota Bhayangkari Ranting Polsek Sepauk Ny. Rai Pratiwi Laperisa Nurhidayat, yang juga berprofesi sebagai Bidan Desa selaku penyampaian dalam acara sosialisasi menjabarkan wawasan tentang penanganan antisipasi virus corona pada pertemuan rutin posyandu Bogenvil Desa Kenyauk kecamatan sepauk.

Anggota Bhayangkari Ranting Polsek Sepauk Ny. Rai Pratiwi Laperisa Nurhidayat mengatakan. “Bahwa sosialisasi ini dilakukan agar para kader dan peserta posyandu bogenvile mengetahui apa yang harus dilakukan guna mencegah penularan virus Corona (Covid-19) serta mengetahui apa itu virus covid-19, gejala-gejala yang ditimbulkan, bagaimana mengantisipasinya dan yang terakhir mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil, jika sudah terkena dampak.”

“Pada manusia beberapa virus corona diketahui menyebabkan infeksi pernapasan yang bervariasi mulai dari flu ringan sampai kepada penyakit yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Sindrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), corona virus yang paling terakhir ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19. Gejala umum COVID-19 adalah demam, lelah, dan batuk kering.” Jelas Ny. Rai Pratiwi Laperisa Nurhidayat.

Ny. Rai Pratiwi Laperisa Nurhidayat, mengatakan, “Orang dapat tertular Covid-19 dari mereka yang telah terinfeksi virus ini sebelumnya dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar saat orang terinfeksi batuk atau bernafas. Tetesan kecil ini akan mengenai objek atau permukaan tertentu dan akan menular jika orang yang menyentuh mengusap mata, hidung atau mulut mereka. Sementara dari data Dinas kesehatan Kabupaten Sintang secara resmi orang dalam pengawasan virus corona berjumlah 360 orang, jumlah ini bisa meningkat lagi secara signifikan apabila kita tidak waspada”, jelasnya.

Lanjut Ny. Rai Pratiwi Laperisa Nurhidayat menjelaskan obat tradisional yang bisa menangkal virus covid-19 (corona), “bahwa ada juga mengenai obat tradisional dari rempah-rempah atau empon-empon asli Indonesia seperti jahe, kencur, sirih, kunyit, dan lain-lain sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah virus menyerang tubuh, termasuk virus Corona.” Jelasnya.

“Bahwa ditengah merebaknya virus corona ini diharapkan kita tidak perlu panik, melainkan selalu lakukan hidup sehat yaitu dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, mencuci tangan dengan sabun antiseptic dan menggunakan masker bila batuk atau pilek.”

( Bams /Nids / M.Tasya )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here