Jagoi Babang, info-kalbar.com Bekerjasama dengan BEM FKIP UNTAN, PLN gelar kegiatan bakti sosial bertajuk ‘PLN Mengajar Ekspedisi Tapal Batas’.
Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 8 Desember 2020 lalu di Kampung Kreatif Dusun Kindau, Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Menurut General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian PLN terhadap kehidupan masyarakat didaerah terpencil, khususnya daerah perbatasan yang masih perlu mendapatkan perhatian terutama dalam peningkatan kemampuan usaha, edukasi kesehatan, serta pendidikan.

“Ada 10 rangkaian kegiatan yang kami laksanakan, yakni ; pembangunan pabrik tepung tapioka, pengecatan jembatan dan gapura, lomba permainan rakyat, mural sekolah, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, pembuatan tempat cuci tangan, sosialisasi kelistrikan dan PHBS,
aneka lomba kerajinan, serta penyerahan bantuan sarana pendidikan,” ungkap Ari.

Dikatakannya pula, dalam kegiatan tersebut diberikan bantuan berupa alat-alat pendukung produksi kepada kelompok Pengrajin kampung kreatif Jagoi Kindau, kelompok Tani Kampung Sentabeng, siswa-siswi SD 03 Jagoi Kindau.

Daerah Sekida termasuk daerah perbatasan Indonesia – Malaysia yang merupakan wajah terdepan dari negara Indonesia. Kampung Kindau memiliki potensi perekonomian yang cukup baik. Terkenal dengan sebutan kampung kratif lewat kerajinan rotan yang diolah menjadi pernak-pernik cantik serta memiliki nilai jual yang tinggi. Karena keterbatasan informasi, sarana dan prasarana yang dimiliki maka perlu diberikan perhatian agar masyarakat mampu meningkatkan pengetahuan serta keterampilan usaha, sehingga mampu meningkatkan produktivitas dari usaha yang dimiliki.

“Di daerah Sekida masih terdapat satu kampung dengan akses transportasi yang sangat sulit ditempuh. Melalui kegiatan ini, kita mampu menjangkau daerah tersebut dan berupaya mendorong potensi yang ada agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Apalagi daerah ini termasuk garda terdepan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, sehingga perlu perhatian kita bersama,” tutur Ari.

Antusiasme warga masyarakat yang hadir dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan cukup tinggi. Selain memberikan bantuan berupa alat dan barang, kegiatan ini juga mampu menumbuhkan kebersamaan antar masyarakat lewat aneka perlombaan yang diadakan.

Kepala Desa Sekida, Sujianto, merasa bersyukur dan berterima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh PLN yang telah bersedia memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, serta kegiatan-kegiatan yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

“Kegiatan yang dilaksanakan PLN ini begitu bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam upaya peningkatan SDM kedepannya. Harapan kami semoga dapat bekerja sama lagi dengan PLN dimasa yang akan datang. Mewakili segenap masyarakat Sekida, Saya mengucapakan rasa syukur dan terimakasih tak terhingga kepada PLN atas program yang telah di laksanakan di kampung kami ini. Semoga PLN semakin sukses dalam melaksanakan tugas mulia, melayani kebutuhan listrik masyarakat,” tutup Sujianto.

(Humas PLN/M.Tasya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here