Sanggau,info-kalbar.com

Entikong – Polisi Wanita ini lain daripada yang lain. Brigadir Dua (Bripda) Polisi Indah Roida Simaremare, nama lengkap dan pangkatnya.

Bertugas mengabdi di Mapolsek Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat sebagai personel Sium atau Seksi Umum yang merupakan unsur staf pembantu pimpinan dan pelayanan yang berada di bawah Kepala Polisi Sektor. Sium inilah bertugas menyelenggarakan perencanaan, pelayanan administrasi umum, ketatausahaan dan urusan dalam, pelayanan markas, perawatan tahanan serta pengelolaan barang bukti di lingkungan Polisi Sektor (Polsek).

Bripda Indah, begitu biasa disapa ini merupakan wanita kelahirian Menjalin, 10 Juli 1996. Pada kejadian kebakaran lahan dan hutan atau Karhutla di wilayah Polsek Entikong berjibaku tanpa henti memadamkan amukan si jago merah. Ia tegar bersamangat tegap melangkah bersama personel Mapolsek lainnya dan ditambah personel dari TNI-AD, Manggala Agni, berjibaku menjikan api yang melalap berbagai luasan hutan dan lahan di batas negeri.

“Agar api tidak merambat ke lahan lain. Apalagi kalau ke lahan tetangga, repot,” kata Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH, bercerita kiprah Bripda Indah Roida Simaremare, Sabtu, 10 Agustus 2019.

Lelaki yang memiliki dua bunga melati emas di pundaknya itu menuturkan, sosok Bripda Indah Roida Simaremare tidak pernah menyerah dalam bertugas. Apalagi saat ini tengah musim kemarau tiba, dengan langkah tegap dia berjibaku dalam baris depan memadamkan api.

“Inilah srikandi personel kami yang musti dipatut dicontoh oleh srikandi lainnya. Walaupun dia bertugas jauh di perbatasan, dia rela mengabdi untuk negeri ini. Jauh dari keluarga,” tutur Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH.

Mantan Kapolres Kapuas Hulu itu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Karena, dari pembakaran itulah penyebab kabut asap pekat melanda. Ia mengingatkan, bawah Kabupaten Sanggau memiliki berbagai kekayaan potensi alam kaya raya. Mulai dari segi kebunnya, hutannya, lahannya, tambangnya.

“Ini perlu kita jaga, perlu kita lestarikan bersama. Jagalah alam kita, maka alam pun menjaga kita,” ujar Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH.

( Humas Polda Kalbar / Wans ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here