Pontianak, info-kalbar.com

Pontianak – KITA Kalimantan Barat telah di Deklarasikan Rabu (7/10/2020) yang dilakukan secara virtual serentak di 4 daerah Provinsi Kalimantan Barat, yaitu Tanjung Gundul Kabupaten Bengkayang, Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kabupaten Kubu Raya.

Acara Deklarasi ini dimulai dengan Pembacaan Do’a yang di bawakan oleh Kyai Slamet Tanjung gundul Kabupaten Bengkayang, deklarasi KITA dipimpin oleh Kiai Mahrus didampingi Kiai Hasbulloh, Kiai Abdul Syukur ketua FKUB Kota Pontianak di kediaman Kiai Hisbulloh serta diikuti oleh peserta deklarasi lainnya.

“TIDAK ADA KAMI, TIDAK ADA KAMU, YANG ADA KITA, KITA INDONESIA” pungkasnya.

Ketua Dewan Hikmah KITA Kalimantan Barat KH. Hasbulloh menyampaikan Para Kiai sangat mendukung gerakan politik kesadaran yang digagas KITA ini. Karena sejak dulu para kiai  berkomitmen untuk merawat kebhinekaan dan keberagaman di Negara Indonesia ini.

“Para Kiai punya prinsip hubbul wathan minal iman, mencintai tanah air adalah komitmen dari keimanan. Maka kita dukung Kerapatan Indonesia Tanah Air demi Indonesia yang lebih maju” ujarnya.

Pesantren menjadi lembaga pendidikan yang pertama membuka proses belajar tatap muka tapi, hal itu memunculkan kekhawatiran pesantren menjadi cluster baru Covid-19. Maka pemerintah harus membantu pesantren menyediakan ruang kelas baru, memberlakukan protokol kesehatan secara benar, dan menyediakan sarana – sarana dan prasarana yang berkaitan dengan antisipasi Covid-19.

Demikian dikatakan Maman Imanul Haq, ketua KITA saat deklarasi KITA Pontianak Kalimantan Barat

“KITA meminta agar pemerintah segera mencairkan dana Rp 2,7 triliun untuk pesantren dalam kaitan penanganan Covid-19. Sehingga pesantren bisa membangun ruang kelas baru, sarana MCK, tempat cuci tangan para santri, masker dan sebagainya”, ungkapnya tokoh muda NU yang dikenal dekat dengan Presiden RI ke 4, KH. Abdurrahman Wahid, Gus Dur ini.

KITA, Kerapatan Indonesia Tanah Air yang dideklarasikan di Gedung Juang  (19/8/2020) ini terus mendapat dukungan luas dari berbagai kalangan.

Yang khas dari KITA adalah stuktur kepengurusan dengan memakai pemaknaan nomenklatur 17-8-19.45 dan Dewan Perwakilan dengan nama Ibu Kota Provinsi, maka, di Kalimantan Barat disebut KITA PONTIANAK.

KERAPATAN INDONESIA TANAH AIR (KITA) adalah koalisi independen yang menyemai, mengembangkan, melestarikan Tanah Air Indonesia sebagai bagian dari diri, identitas dan masa depan bersama.

Bergerak dalam politik kesadaran, KITA berusaha membangun masyarakat yang terbayang (imagined community) Indonesia yang kreatif dan berkelanjutan. Peradaban Nusantara yang kaya dan beragam, merupakan alas pembentukan Indonesia, sebagai negara bangsa yang ditenun atas asas kemanusiaan yang adil dan beradab.

Wicaksana KITA:
1. KITA  mentransformasi Relawan Jokowi-Amin menjadi Wirabangsa Indonesia.
2. KITA adalah gerakan politik kesadaran yang tidak akan menjadi partai politik.
3. KITA adalah kalyanamitra, teman sejati bagi semua pihak untuk mengawal tujuan berbangsa dan bernegara.

Wirabangsa KITA Pontianak Kalimantan Barat Dekhi Armadhani, yang ditunjuk langsung oleh Kyai Maman Immanulhaq KITA telah menyampaikan beberapa rencana Program unggulan KITA Pontianak Kalimantan Barat berdasarkan potensi daerah diantaranya Pertanian, Peternakan dan Kelautan.

(M.Tasya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here