Sekayam ,infokalbar.com

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan/ peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum.

Bantuan BSPS bertujuan untuk mewujudkan rumah yang layak huni yang didukung dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum sehingga menjadikan perumahan yang sehat, aman, serasi, dan teratur serta berkelanjutan, serta untuk mengoptimalkan pengaturan bantuan pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang berupa stimulan rumah swadaya serta melaksanakan ketentuan Pasal 54 ayat (5) Undangundang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) terus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas rumah tidak laik huni (RTDH) di seluruh Indonesia. Salah satunya melalui penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah yang kini menjadi salah satu primadona bagi pemerintah daerah (Pemda) untuk meningkatkan kualitas RTDH Masyarakat di daerah.
Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Sanggau, Kecamatan Sekayam tepatnya di Desa Sotok mendapatkan BSPS sebanyak 20 Kepala Keluarga. Dalam penunjukan kepala keluarga yang mendapat bantuan bedah rumah oleh pejabat Dusun dan pejabat Desa, tetapi sangat di sayangkan dari penunjukan tersebut di duga adanya tebang pilih atau asal tunjuk. Hal ini terlihat jelas setelah media ini turun ke lokasi atau ke tempat bedah rumah itu dilaksanakan. Dugaan ini terlihat jelas setelah media ini melihat salah satu rumah milik seorang nenek yang hidupnya sangat memprihatinkan dan hidup seorang diri, dialah nenek Sempel yang tinggal di Dusun Ima, Desa Sotok, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.
‎sangat di sayangkan bila ada permainan di Dusun dan Desa atas proyek Bedah rumah dari PUPR tersebut, di mohon kepada Pemda Kabupaten Sanggu maupun instansi terkait supaya mengkroscek atas bedah rumah atau BSPS yang ada di Setiap Desa atau Dusun di Kabupaten Sanggau.

( Libertus / Wans )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here