Entikong ,info-kalbar.com

Entikong, Sanggau, Kal – Bar. Di hari HUT RI yang ke 74 , Bendera Merah Putih raksasa dengan ukuran 17×45 meter di bentangkan di Gunung sebelah kiri tempat Upacara Bendera, di Perbatasan Entikong, Sanggau,Kal-Bar.

Di langit Entikong Perbatasan dengan Malaysia Indonesia Entikong, Sanggau, Kal-Bar di warnai dengan seribu Balon berwarna Merah Putih, Pengibaran Bendera Merah Putih di Daerah Perbatasan Malaysia Indonesia, Entikong, Sanggau,Kal-Bar berjalan penuh hikmat.(17/8/19)

Bendera Merah Putih berukuran raksasa ini di bawa oleh anggota Personil Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns bersama unsur TNI-POLRI ,ASN, Mahasiswa, Pelajar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda danTokoh Adat dan Masyarakat setempat.

Mereka berjalan dari lapangan bola Lubuk Sabuk menuju puncak gunung Entinyuh yang merupakan puncak gunung tertinggi di Perbatasan di Kecamatan Sekayam, Sanggau Kalimantan barat.

Perjalan darat ini di tempuh selama 3 jam, di gunung ini lah Bendera Merah Putih di bentangkan di langit jagat raya Indonesia.

Tidak hanya itu, pelepasan 1000 balon udara berwarna merah putih di lepaskan oleh pejabat kementerian Pertahanan di perbukitan Indonesia Perbatasan Indonesia-Malaysia .

Selain pengibaran Bendera Merah Putih berukuran besar di puncak pegunungan Entinyuh, Kementerian Pertahanan berserta Pemerintahan Daerah Kabupaten Sanggau, Kal-Bar melakukan sosialisasi tentang Bela Negara yang di ikuti oleh perserta Pelajar di berbagai tingkat dan jurusan.

Sosialisasi ini di lakukan merata di 5 Kecamatan, yakni Kecamatan Sekayam, Kecamatan Kembayan, Kecamatan Noyan, Kecamatan Beduai, dan Entikong.

Acara di laksanakan di Kantor Kecamatan Entikong pada Jumat (16/8/19) kemarin.

Menurut Kakanwil Kemenhan Kal-Bar, Brigjen TNI Binarko Sugihanyo, sosialisasi Bela Negara ini di gelar di Entikong karena Daerah Perbatasan rawan ancaman Narkoba, Radikalisme dan Terorisme.

Karena pembangunan bukan hanya secara pisik saja tetapi karakter Masyarakat, sehingga benteng itu bukan hanya karena sarana prasarana, justru kita ingin memberikan motivasi yang lebih kepada Masyarakat terhadap semangat Patriotisme, ungkapnya”.

Pembekalan Bela Negara di tujukan bagi generasi muda sebagai penerus Bangsa. Menurut Bupati Sanggau Paoulus Hadi di tempat yang sama, ia menghimbau kepada seluruh Masyarakat Perbatasan Entikong untuk menjaga keberagaman dan persatuan antar sesama, Karena keutuhan bangsa adalah cermin dari persatuan dan kesatuan.

menurut nya “hari puncak HUT RI ke 74 adalah dengan melakukan Upacara Bendera, di Sanggau kita pusatkan ada 2 yakni di ibu kota Kabupaten dan di Entikong. Di Entikong kita akan lakukan bersama Kemenhan dan Masyarakat di sana. Ungkapnya”.

Selain pembekalan sosialisasi Bela Negara Kemenhan juga memberikan dua unit Genset dan dua unit Jet Pam dan rumah pintar serta peralatan olahraga dan 450 paket sembako bantuan kepada Masyarakat Perbatasan.

( Libertus / Wans info )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here