Sanggau (info-kalbar.com)- Panitia Paradje’ Pasaka Negeri dan Festival Budaya Melayu Sanggau ke-10 Keraton Surya Negara, Sanggau yang diketuai Ir H John Hendri M Si, kembali menggelar berbagai permainan rakyat dan perlombaan, mulai tanggal 05-08 September mendatang.
Menariknya, usai pembukaan saat malamnya panitia penyelenggara berkaloborasi dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Sanggau menghadirkan artis ibukota Jenita Janet untuk menghibur warga kota Sanggau dan sekitarnya.
Terlepas dari itu, terkait persiapan untuk pelaksanaan event akbar tersebut, Ketua pelaksana Paradje’ Pasaka Negeri dan Festival Budaya Melayu Sanggau ke-10 Keraton Surya Negara, Sanggau, Ir H John Hendri M Si mengatakan sudah mencapai 100 persen,tinggal melaksanakan pembenahan pada berbagai lini lagi. “Sudah hampir 100 persen lah kalau untuk persiapan. Para seksi hanya membenahi sedikit-sedikit lagi. Nah, akan ada artis yang menghibur pada malam hiburan pertama. Ini untuk membuat pergelaran ini semakin semarak saja. Dan hiburan lah,”ungkapnya, Kamis (30/8) malam.
Ditambahkan, pada rangkaian pelaksanaan kegiatan itu, akan banyak permainan dan perlombaan. Salah satunya bertujuan memperkenalkan budaya Melayu Kabupaten Sanggau ke pengunjung khususnya orang luar. Kemudian, untuk kegiatan akan berlangsung selama tiga hari.
Selain itu, akan ada stand-stand untuk memamerkan kesenian dan kebudayaan serta kekhasan daerahnya masing-masing mulai dari pakaian, makanan, kerajinan tangan, dan lainnya.
Sesuai dengan rencana, kegiatan pembukaan akan dihadiri Raja-raja se Nusantara termasuk dari Malaysia dan Brunai Darussalam, perwakilan Pemprov Kalbar, Bupati Sanggau Paolus Hadi S Ip,M Si, unsur forkompimda Sanggau  serta tamu-tamu undangan lainnya, seperti para tokoh adat dan tokoh mayarakat. “Rencananya akan dihadiri Raja-raja se Nusantara saat pembukaan,termasuk dari negara tetangga Malaysia dan Brunai Darussalam, banyak unsur yang bakal menghadiri lah,” jelasnya.
Pria yang akrab disapa Pak Haji ini meminta dukungan semua pihak yang berada di Kabupaten Sanggau, demi suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut. Dan diimbau warga untuk datang menyaksikan rangkaian kegiatan yang digelar. “Dukungan semua pihak sangat kami harapkan demi suksesnya rangkaian kegiatan ini nantinya. Dan jangan lupa untuk masyarakat Sanggau datanglah beramai-ramai mengikuti berbagai permainan dan perlombaan yang dilaksanakan,”pungkasnya. (wans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here