Sekadau ,infokalbar.com

SEKADAU, Kepala Desa (Kades) Sungai Ayak 1, Kecamatan Belitang Hilir. Solihin, angkat bicara perihal Jalan Poros Sungai Ayak 1 yang rusak sejak lama. Ia meminta pertanggung jawaban Perusahan Perkebunan Kelapa Sawit yang beroperasi di sekitar dan mengingatkan janji Gubernur untuk memperbaiki Jalan tersebut. Sabtu (27/1)

Di katakan Solihin, kendaraan perusahaan yang menggunakan jalan ber-lalu lalang di jalan ini menjadi salah satu penyebab kondisi jalan menjadi demikian, di duga muatan kendaraan melebihi kapasitas kekuatan jalan. Sedangkan kepada Gubernur Kalbar, ia mengingatkan karena dahulu pernah berjanji kepada masyarakat akan perbaikan jalan tersebut.

” Mewakili masyarakat, saya minta perhatian dan tanggung jawab dari perusahaan, agar infrastruktur sama-sama enak di gunakan masyarakat. Untuk Pak Gubernur, sejatinya saya hanya mengingatkan janji beliau kepada warga kala berkunjung di tempat kami, yang berkata ingin meng-aspal jalan ini,” Ujarnya.

Solihin menjelaskan, Jalan ini telah rusak sejak 10 (sepuluh) tahun terakhir, namun entah mengapa belum tersentuh pembangunan, sehingga tidak lagi menjadi akses 3 (tiga) Belitang.

” Sejak 10 tahun terakhir jalan ini memang tak tersentuh pembangunan, di tambah lagi masuk perusahaan dengan kendaraan-kendaraan besarnya, membuat kondisi jalan makin rusak. Hingga tidak lagi menjadi akses 3 Belitang karena sudah berpindah melewati Dusun sebelah,” Terang Kades Muda yang gemar Sepak Bola ini.

Diakuinya, ia telah ber-koordinasi dengan pihak perusahaan masalah perbaikan, namun pihaknya mengusulkan agar perbaikan dilakukan secara maksimal dan permanen.

” Saya telah komunikasi dengan pihak perusahaan tentang perbaikan, tetapi kita mengusulkan perbaikan dengan struktur pondasi yang kuat. Kalau hanya pakai tanah tentu tidak bertahan lama. Saya minta komitmen dan perhatian serius dari perusahaan,” Lanjutnya.

Solihin berharap, baik Pemerintah maupun Perusahaan untuk komitmen menyelesaikan permasalahan infrastruktur ini, agar aktifitas warga menjadi lancar kembali.

(Azmi / Wans )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here