Foto: Kadishangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, H. John Hendri

SANGGAU – info+kalbar.com

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau, H. John Hendri menargetkan tahun ini beras lokal Sanggau sudah harus masuk di toko-toko retail seperti Alfamart dan Indomaret. Meski ia mengatakan untuk toko-toko kelontong beras asal Sanggau sudah bisa bersaing dengan beras lain.
“Ketika kita membantu petani menjualkan beras mereka di Sanggau dengan harga Rp12 ribu perkilogram itu justeru peminatnya banyak. Ada yang beli dua karung, kemasan 10 kilogram. Ke depan saya juga berpikir bagaimana beras Sanggau ini bisa masuk ke retail seperti Alfamart dan Indomaret,” katanya, belum lama ini.

John berkeinginan agar ada ikon beras Sanggau yang bisa dibanggakan.
“Tapi dari segi packaging sudah ada. Kita ada beras cap Bandong dan cap Segar. Kalau beras cap Segar, itu ada di Tunggal Bhakti. Kalau ada beras Sanggau di swalayan itu kan bunyinya kan wah. Saya pikir kedepan harus begitu. 2019 beras Sanggau ada di toko retail.” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Regional Corporate Communication Alfamart, Muhammad Afran dikonfirmasi wartawan via selular, Rabu (20/3/2019) mengungkapkan bahwa kehadiran Alfamart ingin lebih memberikan kontribusinya pada masyarakat, bukan hanya untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-hari, tapi juga memajukan industri kecil menengah. Bahkan, Alfamart juga beberapa kali memberikan kegiatan sosialisasi produk IKM di Kalbar.
“Termasuk di Sanggau juga sudah kami lakukan bekerjasama dengan Dinas Perindagkop dan UM dan juga Dekranasda Kabupaten Sanggau. Ini adalah wujud kepedulian kita terhadap usaha kecil di daerah,” tegasnya.

Dikatakan Afran bahwa peritel seperti Alfamart sebenarnya terbuka bagi produk-produk lokal untuk bisa dipasarkan lewat jaringan toko-tokonya.
“Tentu ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi seperti izin PIRT, sertifikat halal, dan sebagainya. Jika itu terpenuhi, kami sangat senang menerima bahkan kita akan siapkan space khusus untuk produk – produk lokal,” ujarnya.

Bagi pengusaha lokal yang ingin bekerjasama dengan alfamart, Afran memberikan ruang seluas – luas karena memajukan produk lokal juga keinginan pihaknya.
“Silakan kalau ada pengusaha lokal di Sanggau yang mau mengembangkan usahanya bekerjasama dengan kami, hubungi kantor kami di Pontianak. (indra / Wans )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here