Portal berita info-kalbar.com adalah sebagai media dalam penyampaian informasi baik berita, periklanan dan menjadi sarana wadah komunikasi dengan seluruh pembaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

Drs.Suparman M.Si Camat Entikong

 Entikong ,info-kalbar.com

Entikong salah satu Kecamatan di Kabupaten Sanggau yang berbatasan langsung dengan Sarawak Malaysia .

Yang sampai saat ini ternyata belum  memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Permanen.

Sampah yang dihasilkan masyarakat dari limbah rumah tangga maupun aktivitas warga lainnya saat ini ditumpuk begitu saja di lahan kosong yang berada didekat pemukiman penduduk di Komplek Patoka.

Drs.Suparman M.Si Camat Entikong  diruang kerjanya belum lama ini kepada info-kalbar.com mengatakan ,pihaknya sudah menyampaikan sejak tahun2016  soal TPA ini ,tapi sampai sekarang memang belum ada realisasinya.

UntukUsementara ini i TPA masih menumpang di tanah warga, bagi pihaknya hal ini menjadi sangat riskan .

Selain itu Suparman  juga menyampaikan, sejumlah warga sempat mendatanginya dan mengeluhkan keberadaan tumpukan sampah di Komplek Patoka yang meluber hingga ke bahu jalan yang menjadi akses lalu lintas warga sekitar.

Terlebih tumpukan sampah itu juga mengeluarkan bau tidak sedap yang tercium hingga radius puluhan meter.

Suparman juga mengungkapkan, tahun 2016 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) berencana membuat TPA permanen di Entikong namun hingga kini rencana tersebut belum terealisasi.

Camat Entikong ini mengaku tidak tahu kenapa TPA yang sudah direncanakan cukup matang oleh Kementerian PU-PR belum dibuat hingga sekarang.

“Kebersihan, sampah dan TPA ini kan bagian penting dari sebuah penataan kota.

Apalagi pembangunan di Entikong sangat gencar, bagaimanapun gencarnya pembangunan jalan, jembatan dan lainnya kalau kota itu tidak bersih, TPA-nya tidak tersedia, percuma.  Pihaknya berharap TPA permanen ini segera dibuatlah.              ( Libertus )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *