Sanggau info-kalbar.com.Kondisi luapan air di Tanjakan Semboja, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Sabtu (6/6/2020).

Hujan deras yang melanda Kota Sanggau dalam sepekan terakhir mengakibatkan adanya luapan air di tanjakan Semboja, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Sabtu (6/6/2020).

Hal tersebut disebabkan drainase di turunan Semboja tidak mampu lagi menampung debit air.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) Kabupaten Sanggau H John Hendri pun beberapa kali melakukan peninjauan hingga pembersihan saluran drainase, namun luapan masih terus terjadi.

Hendri menduga saluran drainase terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung derasnya air yang datang dari atas tanjakan.

Melihat kondisi tersebut, Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan PPK APBN Ruas Jalan Sanggau untuk meminta rehab saluran drainase tersebut.

“Sebenarnya rehab saluran ini sudah mau dikerjakan melalui APBN 2020, Tapi melihat kondisi tadi malam hingga siang ini saya minta dengan PPK APBN ruas jalan Sanggau agar ada pelebaran saluran paling tidak 1,5 meter.”

“Saat ini sedang dilakukan adendum kontrak, Insyallah tidak lama lagi segera ditangani,” katanya, Sabtu (6/6/2020).

Hendri berharap dengan diperbaikinya saluran drainase tersebut tidak ada lagi masyarakat sekitar yang mengalami kebanjiran.

Kendati begitu, Ia berpesan kepada masyarakat untuk menjaga drainase yang ada.

“Tolong nanti dijaga, jangan sampai ada yang membuang sampah sembarangan. Kalau ada yang buang sampah di saluran drainase takutnya menyumbat jalannya air,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here