Kapuas hulu.Infokalbar.com

Dalam rangka menunjang kegiatan dan program Polri peduli lingkungan hidup melalui kegiatan penanaman pohon dan penghijauan merupakan salah satu aksi kongkrit dan upaya nyata yang dilakukan secara serentak dan

berkesinambungan diseluruh Indonesia, kegiatan tersebut untuk memulihkan kondisi alam yang tandus dan kering sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam pohon dan merawatnya.

Penanaman pohon juga akan meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau, sebagai fungsi esensial, ekologis, dan ruang kehidupan kita yang lebih berkualitas.

Dalam Kegiatan menanam pohon dan penghijauan ini juga menjadi momentum yang strategis dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global degradasi dan deforestasi hutan dan lahan serta sebagai bagian dari upaya konservasi sumber daya air.

Kegiatan penghijauan ini merupakan instruksi langsung dari Kapolri dengan tujuan sebagai upaya polri dalam mencegah berbagai bencana alam, salah satunya untuk mencegah banjir, tanah longsor, dan serta mengurangi polusi udara sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya.

Setelah penanaman pohon di beberapa tempat beberapa waktu lalu, Polsek Bunut hulu mendapatkan banyak ucapan terima kasih dan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya dari kepala desa Nanga semangut kecamatan Bunut hulu yaitu bapak Abang Bunut.

Beliau mengatakan” kegiatan ini merupakan salah satu aksi kongkrit bahwa polri peduli lingkungan dan alam, dalam hal ini memberikan pesan positif bagi masyarakat akan pentingnya menanam pohon dan menjaga lingkungan alam disekitar kita ujarnya”.

Sementara itu Kapolsek Bunut hulu lpda Sri Kusworo mengatakan” bahwa kegiatan penanaman pohon dan penghijauan tersebut merupakan program Kapolri dalam memperingati hari lingkungan hidup indonesia dan hari jadi gerakan sejuta pohon sedunia ujarnya”

Kegiatan menanam pohon dan penghijauan adalah untuk memulihkan kondisi alam dan upaya pencegahan bencana alam yang sering terjadi dibeberapa daerah di Indonesia, seperti bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan ujarnya”.

Ipda Sri Kusworo juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya menanam pohon di lingkungan sekolah dan desa Nanga semangut saja, namun ada ratusan titik di wilayah kecamatan Bunut hulu ujarnya”.

Dalam dua hari berturut-turut Kapolsek Bunut hulu dan jajarannya melakukan penanaman pohon di beberapa desa di kecamatan Bunut hulu, ada sekitar 200 bibit pohon yang ditanam,dan 200 bibit pohon lagi di bagikan ke warga untuk ditanam disekitar lingkungan tempat tinggalnya ujar Kapolsek Bunut hulu”.

Bambang/wans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here