Melawi ,info-kalbar.com

Warga Menukung, Kabupaten Melawi, menuding Pemerintah Kabupaten setempat tutup mata atas kerusakan jalan poros dari Ibu Kota Kabupaten Menuju Kecamatan Ella Hilir dan Kecamatan Menukung, yang semakin parah dan menghambat arus transportasi dan ekonomi warga.

Kerusakan jalan yang sejak dibangun tahun 2013-2014 ini saat ini sangat memilukan. Satu-satunya jalan menuju ke dua Kecamatan tersebut akhir akhir ini berlumpur dan becek, serta licin di musim hujan sehingga membuat kendaraan yang melintas terbenam bahkan nyaris tumbang.

Kerusakan jalan ini sudah lama terjadi, meski sering dikeluhkan dan disampaikan ke pemerintah terkait, namun belum ada tanggapan dan tindaklanjutnya.
Padahal kerusakan jalan tersebut, sudah sangat mengganggu berbagai aktivitas warga.

Dari pantauan media tampak kerusakan yang terjadi ada beberapa titik jalan mulai dari Semadin lengkong sebaju hingga nusa pandau.

Meskipun ada perbaikan dari kalangan swasta namun kurang maksimal disebabkan material yang di gunakan kurang standar dan apabila musim hujan seperti sekarang kembali jalan tersebut berkubang dan berlumpur.

“Yah, begini lah kondisi jalan ke Ella, hancur lebur. Ini cocoknya untuk jalur off road,” kata Yanto salah seorang sopir truk yang sedang melintasi jalan tersebut Minggu (29/11/2020).

Menurutnya, pada saat musim hujan seperti saat ini, kerusakan jalan semakin parah, di mana lubang-lubang semakin dalam. Lubang itu jelas akan sangat membahayakan jika pengendara kendaraan tidak berhati-hati saat melintas di jalan ini.

“Kalau urat nadi seperti contoh jalan ini sudah putus, warga di sini dalam keadaan setengah mati. Kami mohon kepada Pemkab Melawi, jangan menutup mata terkait kerusakan jalan ini, kami juga warga Melawi, punya hak yang sama dengan Kecamatan lain yang jalannya sudah bagus,” katanya, diamini warga lainnya.

Sopyan, warga lainnya berharap kepada pemerintah, baik kabupaten, provinsi dan pusat, agar dapat turun ke lapangan untuk melihat langsung dan memperhatikan jalan yang rusak parah ini, dan segera melakukan kordinasi untuk perbaikan terhadap kerusakan tersebut, sebab dampak dari kerusakan jalan yang ada ini berdampak luas bagi perekonomian warga,ucapnya.

“Pihaknya berharap, siapapun pemimpin Kabupaten Melawi yang baru nanti bisa melakukan peningkatan jalan ke Kecamatan Ella dan Menukung yang sudah sangat parah kerusakannya. Sebagaimana visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih nanti,” harapnya.

(Jumain /.Muchtasya )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here