Unit Identifikasi Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Singkawang saat melaksanakan kegiatan pengambilan dan perumusan sidik jari kepada para tahanan, pada Rabu (18/11/2020). (Istimewa)

Singkawang, info-kalbar.com– Unit Identifikasi pada Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Singkawang, pada Rabu (18/11/2020), melaksanakan kegiatan pengambilan dan perumusan sidik jari kepada para tahanan. Hal itu dilakukan guna memudahkan pendataan terhadap setiap tahanan yang masuk ke Polres Singkawang. Dalam giat tersebut turut dilakukan pengambilan foto tahanan.

Dikutip dari website Humas Polres Singkawang, www.humaspolressingkawang.wordpress.com, pengambilan sidik jari tahanan dan foto tahanan dilakukan oleh anggota unit Identifikasi Satreskrim Polres Singkawang dengan Bripka Desy Widya Sandie.

Polres Singkawang menyebutkan, identifikasi pendataan semacam ini sangat berperan penting dalam mengidentifikasi seseorang secara ilmiah.

“Hal ini untuk mempermudah tugas dan tanggung jawab dalam melakukan penyelidikan seseorang. Polisi hampir selalu dilibatkan dalam proses penyelidikan kejahatan,” katanya.

Ditambahkannya, bahwa kegiatan pengambilan atau perekaman sidik jari dan foto tersangka ini juga ditujukan untuk melengkapi mindik E, penyidikan dan foto data pelaku yang terlibat tindak pidana.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahanan yang masuk dengan selalu memberikan informasi lengkap guna untuk kelengkapan proses hukum yang dihadapi para tahanan sekaligus pengecekan serta antisipasi tahanan kabur,” katanya.

Adapun dalam pelaksanaan perekaman data tersebut, anggota Identifikasi Satreskrim Polres Singkawang tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ada, dengan berpedoman pada 3M + 1T yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dan Tidak Berkerumunan. (FikA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here