MELAWI-Info kalbar
Dasar-dasar pembangunan nasional di bidang kesehatan adalah sebagai berikut:
Dengan pertimbangan dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur prioritas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah memandang perlu dilakukan penambahan jenis infrastrukur prioritas, penguatan Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPIP), dan percepatan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah untuk mendukung percepatan penyediaan infrastruktur prioritas.

Atas dasar pertimbangan tersebut, Presiden Joko Widodo pada 30 Desember 2016 menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor `122 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2014 tentang Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas.

Dalam Perpres ini, pemerintah menambahkan infrastruktur fasilitas pendidikan, infrastruktur kawasan, infrastruktur pariwisata, dan infrastruktur kesehatan ke dalam jenis infrastruktur prioritas dari yang sebelumnya ada. Infrastruktur infrastruktur kesehatan meliputi: a. Sarana dan prasarana rumah sakit; b. Sarana dan prasarana fasilitas kesehatan dasar; dan c. Sarana dan prasarana laboratorium kesehatan. Perubahan Komite Percepatan.

Mengingat semua warga Negara berhak memperoleh derajat kesehatan yang optimal agar dapat bekerja, dan hidup layak sesuai dengan martabat manusia.
Pemerintah, dan masyarakat bertanggung jawab dalam memelihara, dan mempertinggi derajat kesehatan rakyat.
Penyelenggaraan upaya kesehatan diatur oleh pemerintah, dan dilakukan secara serasi dan seimbang oleh pemerintah, dan masyarakat.

Untuk itu pemerintah kabupaten melawi melalui dinas kesehatan sangat gencar membangun infrastruktur baik itu rumah sakit maupun puskesmas.

Tahun ini dinas pendidikan membangun 3 unit puskesmas dan satu unit gedung laboratorium. Yang mana puskesmas tersebut di bangun di kecamatan tanah pinoh,kecamatan ela hilir dan kecamatan nangapinoh.

Puskesmas nanga Pinoh dibangun di pusat kota nanga pinoh yang terletak di jalan m. Saad desa tanjung niaga yang di bangun oleh PT.TESAR CATUR NUSA Nomor kontrak :440/392.4/DINKES/2019.
Sumber dana Dak Afarmasi tahun 2019.
Nilai kontrak Tp.10.946.335.000.(Sepuluh
Milyar Sembilan Ratus Empat Puluh Enam Juta Tiga Ratus Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah).

Saat dikomfirmasi awak media salah satu BM(Big Manager)”,PT.Tesar Catur Nusa bapak Ihksan Zailani menjelaskan progres”,pada hari Jumat 20-09-2019 menjelaskan kalau pekerjaan sudah mencapai 49,75%, Insya Allah kita upayakan kerja maksimal sehingga selasai tepat waktu ungkapnya.

( Jumain / Wans )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here