Sambas ,info-kalbar.com

Ribuan ikan di sungai Sambas Besar Wilayah Desa Sepantai, Kecamatan Sejangkung,Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat .

Mati diduga tercemar limbah yang berasal dari pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit yang masuk di aliran sungai tersebut.

Pada prinsipnya kami berpandangan sama dengan masyarakat setempat terkait penyebab puluhan ikan mati di sungai wilayah itu, yakni diduga akibat limbah pabrik CPO.

Tetapi untuk kebenarannya perlu adanya pemeriksaan dan uji laboratorium air sungai tersebut,” kata Juldian selaku kabid Penataan Lingkungan Dinas Perkim LH Kabupaten Sambas, Rabu di ruangan Kantor Perkim LH Kab.Sambas

Disamping itu, Instansinya melakukan pemeriksaaan air sungai yang terindikasi terinfeksi limbah yang tercemar tersebut dengan menurunkan tim dari Dinas Perkim LH dan di bantu dengan warga setempat untuk pengambilan sampel air di sungai tersebut yang mengakibatkan ribuan ikan mati di aliran sungai Desa Sepantai untuk memastikan adanya pencemaran.

Ia menyatakan instansinya
kalau ternyata perusahaan membuang limbah ke sungai, maka perusahaan tersebut telah melanggar aturan karena membuang limbah tanpa memenuhi baku mutu lingkungan.

Kalau memang ada kolam penampungan limbah bocor kemudian limbah masuk sungai, katanya, hal itu juga harus diketahui dengan pasti apakah faktor kesengajaan atau kelalaian.

Ia menegaskan ada konsekuensi hukum yang diterima perusahaan yang melakukan pencemaran lingkungan. jelas nya

Jurnalis Kab.Sambas info kalbar.com Urai Rudi.M.S.Pd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here