Pontianak ,info-kalbar.com

Festival Durian Bumi Khatulistiwa resmi dibuka, Sabtu (24/8/2019). Acara ini dipusatkan di Halaman Parkir A Yani Mega Mall Pontianak, Kalimantan Barat.

Acara yang digagas Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan-TPH) Kalbar ini bertujuan untuk mencari durian terbaik yang diikuti 200 perserta dari berbagai daerah. Selain itu, ada pula makan durian gratis untuk seribu orang.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan, selama ini para petani durian belum mendapatkan perhatian yang seharusnya. Padahal Kalbar memiliki banyak jenis durian unggulan.

“Hanya saja, sebelum ini, durian belum mampu dioptimalkan untuk menjadi nilai tambah petani,” kata Sutarmidji.

Midji menyebut, di seluruh Indonesia, ada 38 jenis durian unggul dan 12 di antaranya berada di Kalbar.

Jika ini mampu dimaksimalkan, hal ini tentu menjadi keuntungan bagi Kalbar,” ucapnya.Midji memastikan, ke depan kondisi itu akan menjadi perhatian pemerintah provinsi.

Yakni dengan cara melakukan promosi serta kebijakan yang berpihak kepada petani durian.Salah satu promosi yang dilakukan adalah dengan gencar menggelar Festival

Durian Bumi Khatulistiwa. bahkan dipastikan digelar setiap musim durian.”Dengan kegiatan ini, durian di Kalbar akan dikenal dan harganya paling tidak meningkat dua kali lipat dari saat ini.

Festival Durian Bumi Khatulistiwa merebukan Uang tunai sebesar Rp 50.000.000,.

Untuk pemenang utama di berikan kepada penduduk asal Desa Kuala(Kampung Jemongko) Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau.

Kabupaten Sanggau dominan merebut juara terbaik, yaitu memboyong Juara 1 2 dan 3 dan harapan 1,2,3 serta menerima sertifikat dari Gubernur Kalbar yang di berikan kepada Bupati Sanggau Paoulus Hadi yaitu Sertifikat Durian Serumbut asal Pintu Kahan, Entikong. Ungkapnya”.

Festival Durian Bumi Khatulistiwa dikemas dengan berbagai kegiatan hingga 1 September 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan-TPH) Kalbar, Heronimus Hero mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan dan mempromosikan berbagai potensi pertanian Kalbar khususnya komoditi durian.”

Tujuan lainnya adalah untuk mencari dan membangun jaringan pemasaran durian Kalbar,” ucapnya.

Selain itu, petani durian juga diberi edukasi bagaimana merawat dan melestarikan tanaman durian dengan baik dan benar.

Petani durian juga diajarkan bagaimana memasarkan buah mereka serta membuat berbagai olahan.
“Tahun depan akan dilaksanakan festival serupa sebanyak dua kali dalam setahun,”

( Liber / Wans )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here