Sanggau, info-kalbar.com

Tiga pengedar uang palsu senilai belasan juta Rupiah ditangkap Satreskrim Polres Sanggau di Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.

Penangkapan ketiga tersangka tersebut atas adanya laporan dari masyarakat, tentang terjadinya dugaan tindak pidana membuat, menyimpan, mengedarkan dan membelanjakan uang rupiah yang diduga palsu Sabtu (17/10/2020).

Ketiganya berinisial AE (51) warga Desa Raut Muara Kabupaten Sanggau, R (21) warga Desa Balai Karangan Kabupaten Sanggau, R (31) warga Desa Balai Karangan Kabupaten Sanggau.

Kasat Reskrim AKP Yafet Patabang mengatakan, barang bukti yang diamankan di rumah kediaman R (21), ditemukan 2 unit printer dan uang palsu pecahan Rp 100.000 sebanyak Rp 12.3 Juta terdiri dari 123 lembar uang palsu.

Dari penangkapan para tersangka lainnya polisi telah mengamankan barang bukti berupa 1 unit hp nokia, 1 unit sepeda motor, 2 unit printer, untuk mencetak uang palsu dengan kualitas tinggi.

Tersangka R (21) dan R (31) berperan membuat upal dengan cara scan uang kertas asli dengan menggunakan printer. Sedangkan uang palsu yang diamankan sekitar Rp 2.550.000 terdiri dari 17 lembar pecahan Rp 100.000 dan 17 lembar pecahan Rp 50.000.

“Alhamdulilah, sebelum uang palsu ini diedarkan semuanya, anggota kami berhasil meringkus pelaku,” Terang Yavet.

Atas perbuatan para pelaku bakal dijerat dengan pasal 36 ayat 2 dan 3 UU Nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang. Ketiganya terancam hukuman penjara maksimal 15 tahun.

“Saat ini kami masih terus mengembangkan kasus nya, kami yakin mereka mempunyai jaringan,” ucapnya.

“Ada beberapa unsur ciri-ciri khas uang yang tidak ditemukan, sehingga kami nyatakan uang ini tidak asli,” tegasnya.

(Liber / M.Tasya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here