Pontianak ,info-kalbar.com

Usai di Lantik Ketua Umum PW IKA-PMII Kalbar Suib, SE yang juga anggota DPR Provinsi Kalbar Komisi 11 mengatakan bahwa Pondok pesantren salah satu bentuk yang bisa meningkatkan Desa Mandiri di kalbar, khususnya Kubu Raya, Pontianak, Mempawah dan sekitarnya.

Banyak pondok pesantren yang mandiri, sehingga para kyai, para pengasuh pondok pesantren, ustad, Guru-guru itu merasa terpanggil dan mereka tidak ada ketergantungan yang terpaksa untuk mendidik karena mereka mandiri.” Kata Suib kepada sejumlah media usai pelantikan dirinya menjadi Ketua Umum PW IKA-PMII Kalbar, Jumat (10/1)

Dengan adanya Undang-undang tentang Pondok pesantren kedepannya saya berharap kemandirian pondok pesantren dapat di maksimalkan oleh pemerintah, Karena pondok pesantren memiliki kontribusi dalam memperjuangkan kedaulatan rakyat .

“Santri juga banyak ikut berjuang mengusir penjajah dan dahulunya para kyai-kyai yang menjadi komando , untuk itu saya meminta kepada pemerintah untuk membantu dan melestarikan perjuangan para kyai di pondok pesantren “. Jelasnya

Suib juga menjelaskan masalah desa sudah berkali-kali saya mengatakan bahwa mengapa desa itu mandiri karena tolak ukur kesejahteraan nasional itu adalah kesejahteraan desa bukan kesejahteraan kecamatan makanya kalau desa sejahtera negara kita pun akan sejahtera , karena potensi perekonomian itu ada di desa bukan perkotaan , perkotaan hanya terbatas pada perdagangan kalau desa semua potensi yang berkaitan dengan hal layak ramai itu ada di desa “. Jelasnya

” Program dari Ika terdiri dari beberapa sektor ada sumber daya manusianya mulai dari guru , politisi dan lain-lain termasuk di bidang pertanian, aristektur semua ada kita akan coba petakan potensi itu dan kita minta bersama-sama untuk mengonsep kedepannya untuk membantu pemerintah terutama pemerintah provinsi kalbar, yang intinya bisa memajukan desa menuju desa mandiri dari beberapa program yang sudah di kembangkan oleh Gubernur Kalimantan Barat “.

Sementara dari program kerja dirinya sebagai Ketua Umum PW IKA PMII Kalbar akan mengaktifkan beberapa kabupaten dimana disitu ada beberapa teman alumni-alumni PMII , supaya potensi-potensi sumber daya manusia yang ada di PMII bisa bermanfaat. ”

Sekretaris Umum Didi Hamidi menambahkan , kegiatan IKA pada bulan desember kita sudah melaksanakan musyawarah wilayah dan ini adalah salah satu hasil pembentukan pengurus dan pelantikan serta dialog publik yang sudah di sah kan oleh pengurus , adanya dialog tentang kemandirian desa dan pondok pesantren Ika pmii kalimantan Barat akan berusaha semaksimal untuk memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat kalbar .

“Masukan-masukan yang ada di dialog publik tadi kami akan memprogramkan beberapa hal membantu masyarakat di Kalbar , juga akan menempatkan kader-kader terbaik di berbagai posisi yang di inginkan atau di butuhkan oleh masyarakat “.

Lanjutnya , dari data seluruh indonesia kalimantan Barat paling banyak desa mandiri jadi kita akan berusaha mendukung program-program yang ada di desa tersebut , pondok pesantren yang sudah mandiri tetap kita dukung program-programnya untuk memajukan pondok pesantren “. Tegasnya .

( Yuni )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here