MELAWI ,info-kalbar.com


Pembangunan sarana penghubung Jembatan Gantung di Desa Sepakat, Dusun Kedakal, Kecamatan Sokan, Kabupaten Melawi yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Melawi Kal-bar, Tahun 2019 menghabiskan biaya senilai Rp.1.188.000.000.00 ambruk belum diresmikan.

Robohnya Jembatan Gantung yang dikerjakan CV. Karya Raya tersebut membuat Warga Kecamatan Sokan kecewa, pasalnya belum lama di bangun Jembatan Gantung sudah Ambruk/Roboh, setelah menelan biaya ratusan juta rupiah tersebut.

Jembatan Gantung tersebut dalam waktu dekat ini akan segera diresmikan, namun belum sempat diresmikan jembatan gantung tersebut sudah ambruk/roboh terlebih dahulu, Sabtu (04/01/20) sekitar jam 11.00 Wib.

Menyikapi kejadian tersebut Wakil Ketua DPRD Melawi saat dikonfirmasi Tim info kalbar.com, Hendegi Januardi Uy S. IP, selaku Perwakilan dari Masyarakat mengatakan,”Dirinya sangat kecewa atas robohnya jembatan gantung yang baru selesai dibangun tersebut. Disinyalir pembangunan jembatan gantung ini terkesan dikerjakan asal-asalan dan tidak sesuai bistek dan RAB,”Asal jadi ungkapnya.

Hendegi juga mengatakan,”Mengingat ambruknya jembatan ini bukan karena banjir, angin kencang atau bencana alam, mengapa bisa ambruk. Tentu hal ini perlu dipertanyakan dan dilakukan penyidikan lebih lanjut, serta diberi tindakan tegas sesuai perundang-undangan dan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Informasi yang diperoleh awak media, ambruknya jembatan gantung yang dibangun dari sumber dana APBD Kabupaten Melawi,Kecamatan Sokan APBD Kabupaten Melawi tahun 2019 nilai pagu dana 1.188.000.000,00,- yang dikerjakan oleh Cv. Karya Raya sebagai pemenang tender berdasarkan nomor kontrak : 630/761/BM/KONTRAK/DPUPR/2019 nilai kontrak Rp. 950.408.000,00,- pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUTR) Kabupaten Melawi.

Selain itu informasi yang didapat, rencana dalam waktu dekat Bupati Melawi Panji.S.Sos akan melakukan peresmian jembatan gantung yang baru dibangun tersebut, namun apa daya belum sempat jembatan tersebut diresmikan, jembatan tersebut sudah ambruk duluan.

begitu mendapat Informasi ambruknya Jembatan Gantung, Desa Sepakat, Dusun Kedakal, Kecamatan Sokan ini. Dengan sigap Pihak Polres Melawi langsung menuju ke TKP di dampingi staf teknis dan PPTK pada proyek jembatan gantung tersebut.

Sementara Bambang warga sokan menuturkan,”Sangat menyesal atas pembangunan jembatan gantung tersebut, diharapkan Pemerintah Daerah dan Instansi terkait agar segera menanggulangi dan menindak tegas pelaksana kerja maupun pihak-pihak yang berkompeten dalam proyek jembatan gantung ini.Selain itu dalam hal ini, pemerintah daerah jangan hanya bisa buat proyek saja hanya untuk membesarkan nama pribadi,tanpa melihat azas manfaat dari proyek tersebut yang langsung di rasakan masyarakat. Rencana pembangunan jembatan gantung ini terkesan tidak di rencanakan dengan sangat matang,” ucapnya.

“Untung saja jembatan ini belum di resmikan dan di fungsikan, jika sudah di fungsikan tentu masyarakat yang jadi korban,”tegasnya./

( Didik / Wans )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here